Rumah Bebas Bau! Begini Caranya…

Post

Membuat udara di rumah lebih sehat

Mataram – Kamis, 18 Juni 2015

Team Informasi - PT. Lombok Royal Property

bebas_bauRasanya memang sudah menjadi sesuatu yang umum bahwa disetiap rumah selalu ada bau yang menyebabkan udara menjadi kurang sehat untuk dihirup hingga mampu membuat penghuni rumah tersebut menjadi terganggu. Bahkan polusi udara dalam ruangan dapat lebih berbaha daripada polusi udara diluar ruangan karena sirkulasi udara dalam ruangan tentu tidak sebebas diluar ruangan.

Kontaminasi udara di dalam ruangan umumnya disebabkan oleh udara dari luar rumah dan partikel atau gas yang dilepaskan dari perabot dan benda-benda di dalam rumah. Udara yang terkontaminasi ini paling berbahaya bagi anak-anak dan bayi yang sebagian besar waktunya berada dan bermain di dalam rumah. Tapi jangan khawatir, polusi dari luar dapat diatasi dengan cara:

  • Gunakan ventilasi dan jendela dengan filter atau kawat kasa sebagai penyaring debu.
  • Jaga lantai tetap bersih dengan rutin menyapu atau gunakan vacuum cleaner. Begitu juga seluruh bagian rumah seperti sofa, karpet, dan perabot. Bersihkan furnitur tiap hari memakai lap basah dan perangkat elektronik memakai lap kering.
  • Tempatkan keset di depan pintu rumah. Pastikan juga semua orang melepas alas kaki sebelum memasuki rumah.
  • Jaga rumah agar tidak terlalu lembap sehingga tidak menjadi tempat bakteri berkembang. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kipas angin atau AC dan menjemur pakaian di luar rumah.
  • Perbanyak tanaman di halaman sekitar atau jika memungkinkan, di dalam rumah, yang secara alami akan melepas oksigen.

Setelah mengatasi polusi yang bersumber dari luar rumah, sekarang kita akan atasi polusi yang bersumber dari dalam rumah. Sebelumnya sebaiknya kita harus tahu terlebih dahulu sumber-sumber bau yang umumnya terdapat di dalam rumah, seperti:

  • Lemari es

Anda mungkin lupa masih menyimpan makanan di dalam lemari es selama beberapa hari. Padahal jika tak segera dibuang, makanan dalam lemari es itu juga membuat aroma dalam rumah semakin tidak sedap. Jadi lakukan pembersihan secara rutin dalam lemari es agar bau ruangan menjadi lebih segar.

  • Lubang air

Lubang air di dalam kamar mandi atau wastafel tempat mencuci piring juga bisa menjadi sumber bau dari rumah Anda. Misalnya adanya sisa makanan atau rambut yang menyumbat saluran tersebut. Jadi coba periksa lubang air dan segera bersihkan jika memang daerah tersebut menjadi aroma rumah menjadi tidak sedap.

  • Toilet

Bagaimana dengan toilet, apakah Anda juga rajin membersihkan bagian yang satu ini? Gunakan sabun pembersih kamar mandi dan toilet yang mengharumkan sekaligus mengusir bakteri. Dengan begitu aroma tidak sedap dari toilet akan menghilang dan udara dalam rumah menjadi lebih menyegarkan.

  • Karpet

Berikutnya adalah karpet. Biasanya karpet mudah kotor karena debu atau remah-remah makanan yang jatuh di atasnya. Meskipun Anda sudah rutin membersihkan karpet dengan mesin penyedot debu, karpet tetap perlu dicuci agar tak menimbulkan bau yang tidak sedap.

  • Binatang peliharaan

Ternyata, binatang peliharaan juga memberi peran dalam pemberi bau tak sedap dalam rumah. Aroma dari binatang peliharaan yang jarang dimandikan memang tidak enak. Makanya jangan malas membersihkan binatang peliharaan, entah itu kucing, anjing, hingga ikan.

  • Asap rokok

Jika salah satu anggota keluarga ada yang merokok, bisa jadi asap rokok tersebut adalah sumber bau tak seda dalam rumah. Untuk mengatasinya, gunakan pengharum ruangan atau larang anggora keluarga merokok di dalam rumah. Sebab selain mengotori udara, asap rokok juga bisa mengubah warna cat dinding menjadi kuning.

Anda mungkin saja bisa mengurangi atau menghilangkan bau tidak sedap tersebut dengan cara menghilangkan sumber-sumber bau secara langsung atau dengan cara membersihkannya. Tapi disamping itu ada hal yang sangat penting yaitu sirkulasi udara di dalam rumah Anda.

Mudah-mudahan informasi atas dapat berguna. Selamat mencoba :)

Share!